Entri Populer

Tentang Kutai Kartanegara (5)

Bagaimana Cara Mencapai Kutai Kartanegara?

Tenggarong, ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara yang juga dikenal sebagai kotaraja, berjarak sekitar 35 km dari Samarinda, ibukota Propinsi Kalimantan Timur. Ini akses yang paling mudah dan paling dekat dilalui. Apalagi terdapat semacam jalan by pass konstruksi beton sepanjang 25 km yang langsung menghubungkan Tenggarong-Samarinda dengan pemandangan padi sawah yang sejuk dan perbukitan.

Perjalanan ke Kutai Kartanegara sebenarnya dapat dilakukan melalui 3 titik lainnya. Pertama, melalui bandara Sepinggan atau pelabuhan Semayang di Balikpapan atau penyeberangan ferry Penajam-Balikpapan. Ini pintu masuk yang paling utama dan paling umum, khususnya bagi mereka yang berasal dari luar Kalimantan Timur. Kedua, terdapat jalan propinsi yang menghubungkan Kutai Kartanegara dan Kutai Timur, dengan titik masuk ke wilayah Kutai Kartanegara melalui kecamatan Muara Kaman (sekitar 2,5 jam dari Tenggarong). Ketiga, juga terdapat jalan propinsi yang menghubungkan Kutai Kartanegara dan Kutai Barat, dengan titik masuk wilayah Kukar di Kecamatan Kota Bangun (sekitar 4 jam dari Tenggarong).

Bandara Sepinggan, yang merupakan salah satu bandara internasional, termasuk bandara yang sibuk. Hampir semua penerbangan dari daerah lain memiliki destinasi ke Sepinggan. Baik sebagai tujuan akhir maupun transit. Sedangkan kapal-kapal penumpang dari jalur Jawa dan Sulawesi juga berlabuh di pelabuhan Semayang Balikpapan. Adapun, penumpang kapal ferry Penajam-Balikpapan, tidak hanya berasal dari Penajam dan Kabupaten Pasir, tapi juga dari Banjarmasin yang terhubung selama lebih kurang 14 jam dari Penajam.

Perjalanan darat dari Balikpapan ke Tenggarong memerlukan waktu sekitar 2,5 jam. Jenis angkutan yang dapat digunakan adalah:
- Taxi bandara, dengan tarif sekitar 250-300 ribu rupiah langsung ke Tenggarong.
- Sewa mobil (tidak jauh dari bandara) sekitar 300-350 ribu rupiah langsung ke Tenggarong
- Bus antar kota (Balikpapan-Samarinda) melalui terminal Batu Ampar Balikpapan sekitar 30.000. Bus akan menurunkan penumpang yang akan ke Tenggarong di simpang tiga Loa Janan. Dari Loa Janan, dengan menggunakan angkot langsung menuju kota Tenggarong. Jarak tempuh Loa Janan-Tenggarong sekitar 30 menit.  Untuk diketahui, angkot disini berjenis kendaraan L 300 dan diatasnya bertuliskan Taksi (bukan angkot).

1 komentar:

  1. kalau mau pulang ke surabaya dari tenggarong lewat bandara sepinggan balikpapan ,bagaimana caranya? istri saya ada di jalan gunung belah 24 tenggarong kutai karta negara.....ingin pulang dengan biaya terjangkau

    BalasHapus