Entri Populer

Tentang Kutai Kartanegara (1)

Sekilas Sejarah Pemerintahan

Tahun 2010 lalu, Tenggarong, ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara berusia 228 tahun. Perhitungan ini dilakukan sejak pusat pemerintahan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dipindahkan ke Tepian Pandan (sekarang Tenggarong) pada tahun 1782 oleh Aji Imbut gelar Sultan Aji Muhammad Muslihuddin.

Bila ditarik mundur, perjalanan pemerintahan Kutai Kartanegara berawal dari sebuah pemerintahan kerajaan. Kesultanan Kutai baru masuk ke wilayah RI pada tahun 1947 dengan status Daerah Swapraja Kutai dalam Federasi Kaltim bersama kerajaan lainnya di Kalimantan seperti Kerajaan Bulungan, Sambaliung, Gunung Tabur dan Pasir. Sebagai Kepala Daerah pertama diangkatlah Sultan Aji Muhammad Parikesit.

Pada tahun 1953, status daerah Swapraja Kutai dihapuskan dan beralih menjadi Daerah Istimewa Kutai yang bertahan selama kurang lebih 6 tahun. Ketika status Daerah Istimewa Kutai dihapus pada tahun 1959, wilayah daerah ini dibagi menjadi 3 Daerah Tingkat II, yakni Kotamadya Balikpapan, Kotamadya Samarinda dan Kabupaten Tenggarong.



Sejalan dengan perkembangan otonomi daerah, pada tahun 1999 Kabupaten Kutai kembali dimekarkan menjadi 4 daerah otonom, yaitu: Kabupaten Kutai, Bontang, Kutai Barat dan Kutai Timur. Selanjutnya sejak tahun 2002, daerah ini berganti nama menjadi Kabupaten Kutai Kartanegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar